Fixed Wireless Terminal (FWT)   11 comments

Jika dulu kita hanya mengenal PSTN (Telkom) untuk melakukan pembicaraan jarak jauh (telepon). Dimana komunikasi dilakukan dengan memanfaatkan fixed line (kabel) sebagai media untuk mengirim atau menerima suara/percakapan.

Saat ini kita sudah sangat familiar dengan media komunikasi wireless. Dengan beragam model dan fitur yang ditawarkan kita bisa memperoleh alat komunikasi dengan harga yang variatif. Fungsi telepon menjadi sangat mudah dan murah. Lebih dari itu, telepon menjadi lebih personal. Coba bayangkan disatu rumah dulu dipandang cukup dengan satu line telepon telkom. Sekarang dirumah umumnya ada Handphone ayah, ibu, anak, bahkan pembantu. Tegasnya, setiap orang punya nomor telepon sendiri-sendiri.

Jika dirumah, cukup satu line telepon telkom. Maka lain halnya dengan dikantor. Kebutuhan akses telepon untuk kantor/perusahaan memang sangat beragam akan tetapi umumnya kantor-kantor memiliki lebih dari satu line PSTN/Telkom.

Terlepas dari asumsi bahwa keberadaan line telkom di suatu perusahaan menjadi prestise tersendiri bagi perusahaan tersebut. Pada kenyataanya terkadang agak susah jika kita menginginkan line telepon PSTN/Telkom. Beda dengan membeli hape atau membeli simcard hape. Anda bisa melihat penjual Hape atau simcard bahkan diemper jalan.
Dengan tujuan dan alasan yang beragam, mestilah ada orang yang bertanya, bagaimana caranya agar nomor hape (simcard) menjadi nomor kantor?
Jawaban paling gampang : beli hape simpan dikantor lalu pake rame-rame. Satu hape dioper-oper, gantian. Simple kan?

Kecuali anda cukup dengan cara di atas, maka tulisan ini mungkin gak bermanfaat bagi anda.

Tapi jika anda serius ingin menggunakan nomor hanphone untuk digunakan dikantor silahkan simak tulisan ini lebih lanjut.

Pengunjung sawahurang tentunya sudah mudeng dengan yang namanya PABK/PBX. Dengan adanya PBX maka telepon dapat diakses dengan lebih mudah dan sistematis. Seluruh ruangan atau seluruh meja karyawan bisa kita taruh pesawat telepon, tergantung jumlah extention yang dimiliki.
Jika dikantor anda sudah tersedia PABX/PBX maka agar nomor hape/simcard dapat digunakan sebagai nomor kantor dan dishare rame-rame, maka anda tinggal beli FWT (fixed wireless terminal) atau ada juga orang menyebutnya FWL (fixed wireless line).

Ketika kita membicarakan FWT, sampai akhir tahun 2008 yang namanya FWT sebenarnya tak lebih dari hape yang dimodifikasi. Diambil engine-nya ditambahi rangkain controler. Ganti cassing. Made in indonesia gitu lho. he he…
Seingat saya hape kyocera, sony ericson, dan nokia seringkali jadi korban modifikator. Jadi inget jaman itu…dipojok ruangan ada berkarung casing hape korban mutilasi. ha ha….
Lanjut, awal 2009 mulai ada yang masukin modul GSM atau CDMA. Ada merk Siemen dan Qualcomm. Lumayan lebih manusiawi lah.
Saat ini kita sudah banyak menjumpai FWT beneran (branded). Baik GSM maupun CDMA. Sebut saja Sagem untuk GSM dan Huawei untuk CDMA misalnya.

Anda bisa mendapatkan FWT dengan Harga dibawah Satu Juta rupiah.
Tergantung merk dan fitur tentunya.
Pada alat FWT ini tersedia : connector RJ11, Conector power supply dan antena, serta slot simcard.
Jika kebutuhan anda komunikasi voice, maka umumnya tidak perlu setting rumit. Pasang simcard, Colok power supply dan antena. Colokin CO line ke PBX…jadi deh.
Anda bisa pilih provider GSM/CDMA yang anda sukai. Sekarang kan banyak tuh operator celular. Dengan berbagai penawaran tarip yg kompetitip tentunya.
Hmmm…cape juga ngetik pake Hape. Udah dulu ya gan?! nanti ane tambahin lagi tulisanya kalo sempet.
Sst…! jika agan ada butuh FWT boleh kontak ane ya Gan! Thank’s

Posted Februari 16, 2012 by asepsajah in Fix Phone, Fixed Phone, Mobile Phone, Telephone

11 responses to “Fixed Wireless Terminal (FWT)

Subscribe to comments with RSS.

  1. bedanya FWT sama FWP apa kang?

  2. FWT = fixed wireless terminal. secara fisik dan fungsi merupakan terminal akses telepon. alat ini baru berpungsi jika dihubungkan dengan pesawat telepon atau pbx.
    FWP = fixed wireless phone. contohnya: telkom mengeluarkan flexi (cdma) bundle dengan pesawatnya yg berupa fwp.
    FWP bukan sekedar terminal. dipesawat FWP sudah ada keypad, horn (gagang speaker-mic) dan display monitor. Dengan kata lain, FWP merupakan FWT + pesawat telepon.

  3. kang numpang tanya. kalo FWT kompatible dengan pbx apa saja?

  4. mas numpang tanya. saya dikasih fwt dari temen. tapi kok gak ada buat simcard nya ya?
    kalau saya beli simcard baru trus masangnya gimana? matur ksuwun.

  5. masnur: setahu saya tidak ada masalah dengan jenis pbx apapun. selama dia memiliki port/connector telepon analog.

    yulianis: kayaknya itu sejenis fwt yg musti diinject. seperti hp kan ada yg pake simcard atau inject. tinggal di bawa ke gerai provider nanti biasanya dibantu diinject oleh operatornya. fwt anda merk apa? mau pake layanan provider apa?

  6. Saya perlu tuh kang…

  7. om nut. monggo tinggal sebut merk dan jumlah unit…he he

  8. sya butuh modul FWT hp Nokia CDMA.
    Fwt pnya sya rusak, tpi stlh dicek masih bnr HPnya mh.
    Jdi yg sya butuhkan cuma rangkaian mesin/modul FWTnya saja.
    Ada ga ya ?
    Kalo ada, bisa ngbngi sya,

  9. mas aris:
    pasti agak susah nyarinya soalnya fwt dengan engine hp udah lama gak dipake orang.

    atau alternatifnya
    ganti fwt cdma huawei baru sekitar 800 rb atau yg second sekitar 400 rb.

  10. om cara pemasangan FWT ke PABX nya ada gak ?? kalo ada share lah

  11. Apakah pemasangan line telepon cukup dengan fwt saja sudah bisa beroperasi? Atau ada tambahan lain. Mohon jelaskan!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: